Magister Akuntansi

Perubahan paradigma organisasi dan manajemen saat ini dari authority based menuntut sistem informasi yang semakin canggih sehingga mereorientasikan fungsi akuntansi dari accountability oriented function menuju decision oriented function.Pendidikan Pascasarjana jalur profesi Program Magister Akuntansi didirikan dalam rangka turut berperan serta memajukan sistem pendidikan akuntansi di Indonesia, serta memenuhi kebutuhan dunia usaha akan pendidikan lanjutan yang berorientasi pada profesi.

Dengan berbagai persiapan yang matang, Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur, berdasarkan surat keputusan Departemen Pendidikan Nasional No. 1029/D/T/2004, membuka Program Pendidikan Magister Akuntansi dengan konsentrasi : Akuntansi Keuangan, Audit, Akuntansi Manajemen, dan Perpajakan. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional No. 009/BAN-P/Ak-V/S2/IX/2006, Program Pascasarjana Magister Akuntansi telah terakreditasi sebagai bukti otentik keberadaan dan keunggulan Penyelenggaraan Program Magister Akuntansi yang diberikan oleh Pemerintah.

Visi
Menjadi salah satu program Magister Akuntansi terkemuka yang memberikan kemerdekaan berpikir untuk mencari dan memberi yang terbaik dalam mengembangkan pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif dalam bidang akuntansi untuk memenuhi  kebutuhan dunia kerja, bisnis dengan mengedepankan prinsip good governance

Misi
Memberikan pendidikan terapan dan ilmu akuntansi yang relevan, dengan standar terbaik (excellent), dan ketat secara akademik (scholarly rigor). Pendidikan Magister Akuntansi  yang relevan adalah konsisten dengan bidang program studi, yaitu akuntansi.
Aspek relevansi disini untuk memastikan program yang ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan yang ada. Kedua karakteristik yaitu, “penyampaian terbaik dan penuh keilmuan” menunjukkan standar dan pendekatan yang digunakan dalam memberikan proses pendidikan tersebut.
Istilah ‘akademik’ pada misi tersebut berarti menunjukkan penekanan program dalam menghasilkan dan menyebarkan gunalaksana ilmu pengetahuan (khususnya akuntansi) yang dilakukan dengan standar keilmiahan yang ketat dalam upaya pencapaian kegunaan praktisnya.
Disamping itu program magister menjadi sebuah lingkungan akademik yang demokratis yang menjunjung tinggi etika profesi dan etika keilmuan, kebebasan menyatakan pendapat, kesataraan dalam pengembangan diri baik untuk dosen maupun mahasiswa.
Program Magister Akuntansi menekankan pada proses pendidikan yang memberikan dasar akademik yang kuat bagi para pendidik, konsultan, analisis, praktisi, dan pihak-pihak lain yang menginginkan studi lanjut dalam program doktoral.

Matrikulasi
Mahasiswa yang diterima di Program Magister Akuntansi Universitas Budi Luhur, diwajibkan mengikuti kuliah matrikulasi secara intensif sesuai dengan jadwal matakuliah yang sudah ditetapkan.
Matrikulasi membahas berbagai konsep dasar akuntansi, manajemen, dan statistika bisnis sehingga dengan mengikuti matrikulasi, diharapkan mahasiswa dapat menjembatani antara program sarjana dengan program magister dan menyamakan persepsi pendidikan di Universitas Budi Luhur, karena peserta didik sifatnya multientry.
Mahasiswa yang tidak lulus ujian matrikulasi, diwajibkan mengikuti kuliah matrikulasi sampai dinyatakan lulus untuk dapat mengikuti perkuliahan dan tahapan akademik berikutnya.

Matakuliah matrikulasi adalah : Pengantar Statistika Bisnis, Pengantar Manajemen serta Pengantar Akuntansi

Kerangka Program
Program diselenggarakan secara terstruktur dan terjadwal atas dasar sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi berkisar 39-48 SKS termasuk tesis 6 SKS, dengan masa studi maksimum 10 semester. Penyelesaian studi sangat tergantung pada ketekunan dan kerja keras mahasiswa dalam menyelesaikan tesis dan penelitiannya. Waktu perkuliahan adalah Sabtu atau  hari lain sesuai dengan jadwal dan klender akademik yang tersusun dengan baik.

Waiver
Mahasiswa dapat memenuhi tes waiver untuk beberapa mata kuliah yang akan dibebaskan dari kewajiban untuk mengikuti mata kuliah yang bersangkutan, sedangkan mahasiswa yang tidak lulus atau tidak mengikuti tes waiver harus menempuh keseluruhan matakuliah.
Mata kuliah yang dapat ditempuh dalam tes waiver adalah sebagai berikut :
1. Akuntansi Keuangan
2. Akuntansi Manajemen
3. Statistika Bisnis

Fasilitas
Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, Program Magister Akuntansi didukung oleh fasilitas pendidikan yang memandai. Semua ruang kuliah dilengkapi dengan AC, LCD Projector. Selain itu, fasilitas-fasilitas penunjang lainnya diusahakan serepresentatif mungkin. Seperti laboratorium komputer yang dapat digunakan mahasiswa  setiap hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.
Ruangan ber-AC dengan komputer yang sudah terintegrasi dengan Local Area Network (LAN) dan viewer, yang sangat membantu para mahasiswa menyelesaikan berbagai tugas dan pemrosesan data tesis. Mahasiswa berhak untuk menggunakan fasilitas tersebut tanpa dipungut biaya.
Mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan Universitas Budi Luhur, baik buku teks, jurnal, majalah, CD ROM, dan internet yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa guna mendapat informasi terbaru dari berbagai sumber. Selain hal tersebut tersedia juga fasilitas  seperti kantin, ruang lobby, mushola, auditorium dan fasilitas perbankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: